Hack Nusantara

Welcome to my blog



August 10, 2018

Cara membuat Sitemap Blog secara cepat


Cara membuat sitemap blog secara cepat

Tahukah anda mengapa para blogging selalu menyediakan sitemap di blog-nya. Lantas apakah sitemap wajib di pasang di dalam blogger?. Jelas saja wajib karena sitemap berfungsi memudahkan pengunjung blog untuk melihat daftar postingan lengkap di dalam suatu blog.  Kalau teman-teaman masih bingung, berikut ini ilustrasi sitemap,

Sitemap adalah peta situs atau sitemap artinya daftar situs

Sitemap/dafar isi kerap kali ditemui pada bilah navigasi yang terletak diatas header blog. Tujuan meletakkan sitemap didalam menu yaitu untuk memudahkan pengunjung blog agar lebih cepat menjelajahi semua artikel. Kegunaan lain dari daftar isi adalah sebagai syarat wajib sebelum blog di daftarkan google adsense.

cara membuat sitemap blog secara cepat
gambar sitemap

Nah, gambar diatas adalah sitemap pada blog saya "hack nusantara". Tetapi saya akan memberikan tutorial cara membuat sitemap yang lain. Yaitu koding sitemap di pada blog saya yang lainnya. Jangan khawatir karena fungsi dari setiap sitemap itu sama, berikut fungsi sitemap:

  • Memberikan gambaran informasi yang dibutuhkan pembaca
  • Mendukung untuk membuat tautan internal posting blog, sehingga dapat meningkatkan page rank postingan
  • Menghindari duplikat artikel dalam berbagai label
  • Dapat digunakan sebagai link "Related posts", pada tulisan blog manapun.
Cara cepat membuat sitemap blog

Tutorial cara membuat sitemap yang saya bagikan ini klasik sekali. Tetapi, yang terpenting sitemap bisa berhasil dipasang diblog. Kebanyakan tutorial memberikan cara membuat sitemap yang tidak work, maka untuk itulah saya memberikan tutorial tersebut berdasarkan pengalaman pribadi. Simak caranya berikut ini.

1. Buka Dashboar blog, klik menu laman

2. Untuk membuat laman, Klik laman baru

3. Isi laman dengan judul Daftar Isi atau misalkan sitemap

cara membuat sitemap blog secara cepat
gambar halaman sitemap

4. Pada laman, pilih HTML jangan mode Compose

5. Lalu Copi dan Pastekan kode script dibawah ini di HTML laman. 
<script src="https://sites.google.com/site/javamusika/script-sitemap/sitemap.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://hidupkanteknik.blogspot.co.id/atom.xml?redirect=false&amp;start-index=1&amp;max-results=500&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script> 
Keterangan :

Silahkan ganti alamat url "https://hidupkanteknik.blogspot.co.id" dengan alamat url blog sobat. Result=500 artinya sitemap akan menampilkan url blog minimal 500 artikel. Jadi apabila artikel sobat melebihi 500 silahkan ganti saja dengan 1000.

6. Selesai, klik publish.

Demikianlah, cara membuat sitemap blog secara cepat. Selanjutnya silahkan sobat salin url sitemap yang telah dipublish lalu letakkan didalam menu pada blog sobat. Terima kasih dan mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat semuanya. Salam blogger.

No comments:

Post a Comment

Populer

Kategory

bisnis (4) blogger (4) blogging (5) google adsense (3) SEO (3)

    About Me

    im blogger, i happy, im writter and im hideen someone